COMMUNITY LEARNING CENTRE ACTIVITIES

Translate


Postingan Populer

PKBM RONAA

PKBM kepanjangan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PKBM adalah tempat kegiatan pembelajaran yang dipusatkan pelaksanaannya.

PKBM merupakan tempat belajar dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dalam rangka usaha meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, hobi, bakat serta minat warga masyarakat yang bertitik tolak dari kebermaknaan dan kebermanfaatan program bagi warga belajar dengan menggali dan memanfaatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di lingkungannya.

Pendidikan Non Formal merupakan alternatif terbaik pada saat ini sebagai upaya pemerataan pendidikan kesegenap masyarakat, terutama dilapisan bawah. Dimana masalahekonomi keluarga menjadi kendala bagi keluarga untuk mendapatkan pendidikan formal yang memadai. Hal tersebut menjadi dasar pemikiran bagi kami selaku pemerhati pendidikan, sehingga walaupun kemampuan dana yang sangat terbatas namun dengan tekad yang kuat telah
berhasil membentuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) di kelurahan Metro Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro dengan nama "RONAA".

Agar keterbatasan sumberdaya yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan optimal, maka PKBM "RONAA" pada tahap awal memfokuskan kegiatan di daerah sekitar PKBM, yakni di Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro dengan kegiatan yang di sesuaikan antara kebutuhan masyarakat dan kemampuan PKBM.

Minat baca dijadikan titik tolak untuk pembelajaran masyarakat, dan untuk hal tersebut telah dibuka Taman Bacaan Masyarakat "RONAA" yang diharapkan akan memotivasi Masyarakat untuk gemar membaca dan belajar. Untuk implementasinya juga telah dilaksanakan kegiatan pendidikan kesetaraan Paket B (setara SMP) kelompok belajar LA TAHZAN dengan jumlah warga belajar 20 org ( 1 kelompok ) Program pendidikan Keaksaraan Fungsional RONAA (KF) yang dilaksanakan Tahun 2007 dapat menjaring warga sebanyak 10 org ( 1 kelompok) hal ini menjadi Indikasi bahwa pada Tahun 2007, Kelurahan Metro Pusat menjadi bebas buta Aksara. Sehingga program layanan PKBM "RONAA" kedepan, selain pendidikan kesetaraan dan Taman Bacaan Masyarakat, akan dikembangkan ke program Life Skill di daerah Kelurahan Metro, Kecamata Metro
Pusat, Kota Metro.

Untuk dapat melaksanakan seluruh kegiatan tersebut diatas, maka PKBM "RONAA" harus melengkapi diri. Baik dari segi administrasi, sarana prasarana maupun ketenagaan

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

PKBM (282) artikel (196) Apakah (187) MPLIK Ronaa (170) oasis (117) Kursus (108) international (108) diksetaraonline (106) Beasiswa (96) Internet sehat (88) TBM (88) Produk (67) Profil (65) BISNIS (50) instastory (50) Loker (48) Cermin (47) tutorial (47) Download (34) beasiswapendidikan (6)