COMMUNITY LEARNING CENTRE ACTIVITIES

Translate


Postingan Populer

BIMTEK HELPDESK NON FORMAL

Salam sejahtera.... 
Mimin selalu ucapkan buat sahabat diksetara...
Semoga Kegiatan hari ini diberikan kelancaran dan kemudahan ya..aamin
jangan lupa tetap sehat selalu..




Oh ya, beberapa hari yang lalu mimin mendapat laporan dari Bapak Direktur PKBM Ronaa Kota Metro Provinsi Lampung, bahwa akan ada bimbingan teknis (Bimtek) Helpdesk (Proktor) bagi satuan pendidikan nonformal.

Akhirnya, ada juga bimbingan teknis untuk helpdesk nonformal. dibilang telat yaa....telat, tapi daripada tidak sama sekali jadi tak mengapa hehe...

Karena apa, untuk menjadi seorang Helpdesk atau Proktor atau merangkap keduanya, tidak hanya dituntut memahami software, melainkan memahami hardware serta Network (jaringan) karena UNBK menggunakan 3 unsur tersebut. Jadi tidak hanya sekedar (pasif) untuk menjadi helpdesk dan proktor, pasif disini adalah bisa mengoperasikan komputer ngetik dan ngeprint saja (ini istilah pasif dalam menggunakan atau mengoperasikan komputer).

Khususnya di PKBM Ronaa adalah Lembaga Pendidikan Nonformal yang sejak awal bercirikan Informasi dan Teknologi (IT) yang telah diberikan kepercayaan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) dengan memberikan fasilitas Unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) dan Centra Pusat Layanan Internet Kecamatan (Centra PLIK). Jadi, jika terkait pelaksanaan UNBK mudah2an masih bisa difahami.




Jadi, bagi Pamong atau tutor belajar yang ada di Satuan pendidikan nonformal yang mungkin aktif juga di Formal, terutama menjabat sebagai proktor atau helpdesk mungkin tidak begitu membingungkan ketika menghadapi UNBK di nonformal, secara teknis tidak jauh berbeda hanya beberapa hal saja yang tidak sama, misalnya,  akses untuk peserta UNBK..

Jika di Formal tahapannya adalah mengakses 
portal PDUN πŸ‘‰ portal BIOUNπŸ‘‰ portal UNBKπŸ‘‰ CBTSync

Sedangkan di nonformal adalah mengakses 
Portal PDUN πŸ‘‰ portal BIOUN πŸ‘‰ portal CBTSync

Dengan menggunakan peralatan perang berupa :
1. Ready PC server sesuai spesifikasi (bisa dilihat spek di BIOUN atau UNBK)
Server disini bukan seperti server yang berada atau diperuntukan di perusahaan-perusahaan atau perkantoran, melainkan server untuk UNBK yang harganya relatif lebih terjangkau dari pada server untuk perkantoran atau perusahaan pada umumnya dengan harga cukup mahal.
2. VHD fresh
3. Exambro Server update
4. Virtual Box update
5. Exambro Client (untuk di client)
6. PC Client pun sudah ada spesifikasinya. untuk laptop minimal dualcore ram 2 GB

Demikian paparan diatas kurang lebih seperti itu menurut mimin yang simpel.

Dan nanti hasil bimtek tersebut akan dishare kepada proktor-proktor penyelenggara UNBK Mandiri yang ada di Kota Metro.


OK gaiss..demikian informasi yang bisa mimin sampaikan, semoga Gladi hingga UNBK berjalan dengan lancar, tetap semangat...

dan jangan lelah berbagi manfaat....


0 komentar:

Posting Komentar

Labels

PKBM (282) artikel (196) Apakah (187) MPLIK Ronaa (170) oasis (117) Kursus (108) international (108) diksetaraonline (106) Beasiswa (96) Internet sehat (88) TBM (88) Produk (67) Profil (65) BISNIS (50) instastory (50) Loker (48) Cermin (47) tutorial (47) Download (34) beasiswapendidikan (6)