COMMUNITY LEARNING CENTRE ACTIVITIES

Translate


Postingan Populer

10 NOVEMBER

SELAMAT HARI PAHLAWAN, MERDEKAAA..!!!

Apasih substansi dan esensi dari kata Pahlawan dan merdeka?? 

Substansi dapat ditafsirkan sebagai ’yang membentuk sesuatu,’ atau yang pada dasarnya merupakan sesuatu atau dapat disempitkan menjadi itu. Pembahasan mengenai substansi akan selalu terkait dengan esensi (essence).

Esensi ialah hakekat sesuatu. Setiap substansi mengandung pengertian esensi; tetapi tidak setiap esensi mengandung pengertian substansi.(1)


Di era pascareformasi ini, kompleksitas permasalahan dan tantangan perjuangan untuk membangun bangsa juga semakin besar, maka tentu saja jiwa dan sikap kepahlawan yang dimiliki oleh para pendahulu pejuang dan pendiri bangsa ini juga harus terpatri dalam jiwa dan semangat generasi muda kini, tumbuhkan terus semangat berjuang dan pantang menyerah untuk menjadi generasi unggul Indonesia yang siap mengabdi dengan kompetensi yang dimiliki, kejujuran dan ahlak yang mulia, menujukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan bermartabat dalam mewujudkan pembangunan dan menghormati nilai-nilai kemanusiaan (2)

Adapun substansi dan esensi dari kata Pahlawan yang harus dimiliki generasi milenial adalah :
  1. Menegakan NKRI yang kuat
  2. Untuk menjadi negara yang kuat, maka perlu mewujudkan masyarakat Indonesia, berbudaya luhur, adil dan makmur, sejahtera berkeadilan, aman dan damai, lahir dan batin, termasuk salahsatunya adil disitu adalah adil dalam mendapatkan pelayanan pendidikan untuk menghasilkan SDM yang bermutu dan berdaya saing.
  3. Menjalin persahabatan dengan seluruh bangsa-bangsa didunia atas dasar persamaan derajat dan berkeadilan dalam suasana aman dan damai

Yang semua ini adalah tertuang dalam amanah dari Proklamasi 45


0 komentar:

Posting Komentar

Labels

PKBM (282) artikel (196) Apakah (187) MPLIK Ronaa (170) oasis (117) Kursus (108) international (108) diksetaraonline (106) Beasiswa (96) Internet sehat (88) TBM (88) Produk (67) Profil (65) BISNIS (50) instastory (50) Loker (48) Cermin (47) tutorial (47) Download (34) beasiswapendidikan (6)