COMMUNITY LEARNING CENTRE ACTIVITIES

Translate


Postingan Populer

GLADI UNBK 2019 | SESI 1




Halo sahabat pendidikan kesetaraan...

Assalamualaikum wr wb, salam sejahtera selalu, semoga Pamong/Tutor Belajar dan sahabat diksetara selalu diberkan kesehatan, sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari selalu diberikan kemudhaan. Aamin

Bulan kemarin, sekarang hingga 2 bulan kedepan adalah bulan penuh ujian, ya..ujian nasional berbasis komputer. Baik yang ada di satuan pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

Bulan Maret 2019 ini diawali dengan kegiatan evaluasi yang disebut istilah adalah Gladi Bersih, latihan terakhir menghadapi UNBK 2019 setelah latihan-latihan (try and error) yang dilakukan sebelumnya. Yang mana manfaat dan fungsinya adalah

1.  Peserta didik lebih userfrendly dalam menggunakan teknologi dalam melaksanakan Ujian Nasional   berbasis komputer. Meminimalisir human error technology
2.  Try and error network dalam UNBK 2019, karena berbasis jaringan maka simulasi-simulai yang telah dilakukan sebelumnya adalah berfungsi untuk meminimalisir kesalahan teknis dalam pelaksanaan UNBK 2019. Dalam hal ini adalah satuan pendidikan yang ada di formal maupun non formal. Bagaimana supaya proktor dan teknisi dapat menganalisa secara cepat jika terdapat kesalahan teknis dalam pelaksanakan UNBK 2019 kedepan ketika berlangsung.

Nah, siapa aja sih oknum-oknum yang terlibat dalam kegiatan UNBK 2019 :

1.      Peserta didik / warga belajar
2.      Pamong / tutor belajar
3.      Pengawas
4.      Proktor
5.      Teknisi Jaringan
6.      Helpdesk

Beberapa oknum diatas adalah yang selalu standby dan bekerja sama agar tahapan kegiatan tersebut berjalan dan dapat meminimalisir kesalahan teknis pelaksanaan UNBK 2019 beserta tahapannya.

Pada kesempatan ini, kebetulan tempat mimin bertapa, yaitu di Pkbm Ronaa diberikan kemudahan dan izin untuk melaksanakan kegiatan UNBK Mandiri artinya tidak menumpang di satdik lain, dikarenakan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan UNBK dianggap cukup memenuhi syarat jadwal pelaksanaan bisa di cek disini. Terakreditasi (B) dan Lab. Komputer yang memadai. Semoga satdik yang lain menyusul ya. Dan terdapat 1 yang menginduk ke PKBM Ronaa, yaitu PKBM Nusantara Kec. Metro Barat, semoga PKBM Nusantara juga lekas terakreditas ya ....semangat

Oh ya, ada beberapa point pada POS UNBK 2019 yang didalamnya terdapat larangan untuk memposting kegiatan tahapan UNBK 2019, menurut sahabat pamong/tutor pendapatnya seperti apa ya??? Hmmmm...???

Nah, kalo menurut mimin begini sih, Menyikapi beberapa point yang terdapat pada POS UNBK 2019, terkait dilarang memosting dokumentasi kegiatan tahapan UNBK 2019, Di Tahun 2016 dulu, waktu itu masih Bapak Totok Suprayitno selaku Kepala Puspendik mengatakan begini :

"Mohon disampaikan kepada oknum-oknum  yang terlibat dalam kegiatan tahapan UNBK, kepada yang kemungkinan bisa melihat soal itu ingat, bahwa memotret kemudian menyebarluaskan di berbagai media, itu melanggar UU. Status soal UN itu rahasia negara,"

"Bukan soal ujian yang sama atau tidak. Statusnya soal UN rahasia negara. Memotret soal dan menyebarluaskan itu sama saja menyebarluaskan rahasia negara. Jadi itu terancam dua UU yang dilanggar, UU ITE yang ancamannya 9 tahun atau UU Kerahasiaan Informasi Publik ancamannya 2 tahun,"



Jadi, yang dimaksud pada POS UNBK 2019 itu terkait pelarangan menyebarluaskan dokumentasi yang dimaksud adalah, menyebarluaskan dokumentasi berupa photo soal UN (memoto soal UN yang ada pada layar monitor, lalu men share(menyebarluaskan)) titik tekannya disini, kalau untuk mendokumuntasikan kegiatan tersebut tidak masalah, dan untuk mengambilnya (red : mem_photo) pun gunakan view yang pas, sehingga layar monitor yang memuat soal tidak terbaca.
































Okeh deh sahabat,...

sampai ketemu lagi, semoga sukses selalu ya....
Upss....jangan lupa jaga kesehatan dan selalu berbagi manfaat kepada sesama...

Taraaa.....

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

PKBM (282) artikel (196) Apakah (187) MPLIK Ronaa (170) oasis (117) Kursus (108) international (108) diksetaraonline (106) Beasiswa (96) Internet sehat (88) TBM (88) Produk (67) Profil (65) BISNIS (50) instastory (50) Loker (48) Cermin (47) tutorial (47) Download (34) beasiswapendidikan (6)