COMMUNITY LEARNING CENTRE ACTIVITIES

Translate


Postingan Populer

Kreatif | Edu




Perkalian kadang-kadang menjadi sebuah momok bagi siswa yang duduk di kelas 3, 4, 5. Perkalian tidak dapat dihindari dari siswa. Mau tidak mau, mereka memang ditakdirkan untuk bertemu dengan perkalian. 

Di sekolah, mata pelajaran Matematika salah satu media yang mempertemukan mereka dengan perkalian.
Untuk beberapa siswa, perkalian ini mudah. Tapi untuk sebagian besar siswa saya, perkalian ini sangat sulit untuk dihapalkan. Memang, saat diperkenalkan dengan yang namanya perkalian dengan konsep penjumlahan berulang, mereka mengerti. 

Tetapi hal ini akan sangat menyulitkan siswa menghadapi ujian jika harus menggunakan konsep penjumlahan berulang jika bertemu dengan perkalian. Mereka akan kehabisan waktu.

Untuk mempermudah mereka, kita dapat membuat kalung perkalian untuk membantu mereka menghapal perkalian tersebut.



Kalung perkalian ini adalah kalung yang digunakan oleh siswa yang berisi perkalian 1 sampai 10. Kita bisa menggunakan kalung ini karena mudah dibawa kemana saja. Jika siswa bermain kemanapun, kalung perkalian ini akan tetap menempel di siswa. Jadi, anak dapat menghapalkan perkalian dimana saja dan kapan saja.

Para Siswa dengan Azimatnya: Kalung Perkalian
Kira-kira inilah kriteria kalung perkalian yang dibuat  :
  1. Kalung ini memiliki gantungan berupa 100 buah kartu yang berbentuk kotak persegi panjang.Mari kita sebut kartu perkalian.
  2. Kartu perkalian bisa dibuat dari karton, kardus, kertas bekas, wayang (sebutan anak-anak Paser untuk kartu mainan bergambar tokoh kartun/film yang sedang populer), dll.
  3. Kartu ini ditulisi perkalian, misalnya 1×1=1, 1×2=2, sampai 10×10=100.
  4. Setiap kartu perkalian diberi lubang di ujungnya.
  5. Ambil sebuah tali, bisa menggunakan karet, tali rafia, atau apapun, lalu masukkan ke dalam lubang di kartu perkalian hingga semua kartu masuk ke dalam tali.
  6. Lalu ikat tali agar bentuknya menjadi kalung.
  7. Setelah menjadi kalung, siswa mengalungkannya di leher, dan mulai menjadikannya “rekan” kemanapun.
Sumber : klik

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

PKBM (282) artikel (196) Apakah (187) MPLIK Ronaa (170) oasis (117) Kursus (108) international (108) diksetaraonline (106) Beasiswa (96) Internet sehat (88) TBM (88) Produk (67) Profil (65) BISNIS (50) instastory (50) Loker (48) Cermin (47) tutorial (47) Download (34) beasiswapendidikan (6)