COMMUNITY LEARNING CENTRE ACTIVITIES

Translate


Postingan Populer

Bimtek Kelembagaan

Bimbingan Teknis Kelembagaan demi meningkatkan Mutu Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang diselenggarakan pada hari Senin tenggal 04 November 2013 tepatny di Wisma Sinode Kelurahan Metro Pusat Kota Metro Lampung, yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kota Metro Lampung, Bapak Masnuni, M.PdI










Dengan kreatifitasnya mencari peluang usaha dan kerjasama dengan lembaga mitra, mereka bisa membuat kegiatan yang bermanfaat bagi PKBM itu sendiri dan juga berdampak positif bagi warga belajar serta masyarakat sekitar PKBM, khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dalam arti luas.
Ada yang berhasil memproduksi kerajinan dari bahan limbah, memproduksi makanan olahan sesuai potensi sumber daya alam setempat. Ada pula yang berhasil menggandeng perusahaan untuk membuat kegiatan kemasyarakatan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan dana CSR yang rutin dikucurkan.
Demikian kutipan dari apa yang disampaikan oleh Mantan Kasi Dikmas Kota Metro Pak Chepy




prestasi yang telah dicapai oleh PKBM belum banyak dikomunikasikan kepada khalayak ramai, baik dalam bentuk laporan kepada instansi terkait maupun dipromosikan lewat media massa (paling tidak lewat jejaring sosial yang disediakan gratis oleh internet). Padahal, manfaat dari kegiatan promosi itu banyak sekali, diantaranya PKBM akan semakin dikenal dan menjadi tolehan berbagai pihak terkait dengan program PNF yang menjadi alternatif mencari pengetahuan bagi mereka yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan formal.

“Sudah waktunya PKBM mandiri secara ekonomi sehingga bisa membiayai sendiri operasionalisasi programnya tanpa tergantung dari bantuan pihak lain (pemerintah). Bukan jamannya lagi PKBM hidupnya hanya menggantungkan adanya kucuran dana dari kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan mengirimkan proposal kegiatan seadanya, dengan harapan mendapatkan bantuan dana blokgren maupun dana hibah. 

Ayo, tunjukkan prestasi dan karya-karya yang dihasilkan oleh warga binaan PKBM kemudian laporkan dan publikasikan lewat media. Percayalah pemerintah (bahkan pihak swasta pun) akan memberikan dukungan. Ingat kata iklan, tak kenal maka tak sayang,” Kata Bung Chepy memprovokasi peserta diklat agar tumbuh semangat pengabdiannya serta muncul kesadaran akan pentingnya menunjukkan kreativitas dan prestasi yang berdampak langsung bagi warga masyarakat, terkait dengan upaya penciptaan lapangan kerja baru yang mendatangkan penghasilan (meningkatkan kesejahteraan).

dan sekali lagi kami himbau kepada rekan-rekan yang ingin meregister lembaga PKBM nya secara On Line, atau Cara Registrasi Nilem PKBM Secara Online bisa meng klik logo pada sisi sebelah kanan pada webBlog kami

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

PKBM (282) artikel (196) Apakah (187) MPLIK Ronaa (170) oasis (117) Kursus (108) international (108) diksetaraonline (106) Beasiswa (96) Internet sehat (88) TBM (88) Produk (67) Profil (65) BISNIS (50) instastory (50) Loker (48) Cermin (47) tutorial (47) Download (34) beasiswapendidikan (6)