COMMUNITY LEARNING CENTRE ACTIVITIES

Translate


Postingan Populer

Paket C | Ditjen Dikmen to Direktorat PKLK


Metro - PKBM Ronaa | Beberapa waktu lalu, saya sowan (silaturahmi) ke Rumah salahsatu Pegawai yang menjabat di Kemendikbud Kabupaten Lampung Timur, tepatnya di Bidang Pendidikan Luar Sekolah. Dalam obrolan silaturahmi, beliau sempat mengatakan bahwa, tahun 2013 mendatang, Pendidikan Kesetaraan Paket C akan dipindahkan ke PNF kembali, ujarnya begitu, Namun saya masih kurang begitu jelas, akhirnya saya sempat mengunjungi beberapa website diantaranya website bapak  Fauzi karena blog beliau selalu update tentang Pendidikan Non Formal, setelah saya ubleg-ubleg blog beliau, saya menemukan artikel ini. Bahwa Tersiar kabar program Paket C mulai tahun 2013 akan pindah pengelolaannya dari Direktorat Pembinaan SMA ke Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK). Keduanya di bawah Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kemdikbud.
Ketika terjadi reorganisasi di Kementerian Pendidikan Nasional program Paket C, konon pengelolaannya akan dikendalikan oleh Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK). Bahkan para pejabat yang diangkat pada direktrorat tersebut sebagian adalah mantan pejabat Direktorat Pendidikan Kesetaraan yang mengalami evolusi dulu PLS berubah PNF lalu PNFI berubah lagi menjadi PAUDNI (kalau tidak salah begitu.. :) ). Ketika reorganisasi Direktorat Pendidikan Kesetaraan dihapuskan program Paket A dan Paket diintegrasikan ke Ditjen Pendidikan Dasar dan program Paket C ke Ditjen Pendidikan Menengah.
Namun demikian, pada kesempatan terakhir diputuskan oleh menteri bahwa pengelolaan Paket C di bawah Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Menengah. Dengan harapan agar program Paket C menjadi lebih berkualitas, dan benar-benar setara dengan SMA.
Namun inilah nasib anak kost, kalau tidak diistilahkan sebagai anak tiri, justru pengelolaan program Paket C berpindah-pindah. Pada tahun 2011 Program Paket C dikelola oleh Subdit Program, dan pada tahun 2012 ini dikelola oleh Subdit Pembelajaran pada Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Dikmen Kemendikbud. Karena tidak merupakan bagian dari struktur organisasi minimal level eselon IV (yaitu seksi), maka pengelolaan program Paket C rawan berpindah-pindah alias nomaden.
Akhirnya kini menurut sumber yang dapat dipercaya program Paket C mulai tahun 2013 akan dikelola oleh Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK). Sudah barang tentu tarik ulur pengelolaan program Paket C ini membuat bingung penyelenggara dan pengelola Paket C di lapangan. Pun birokrasi di tingkat kabupaten/kota dan provinsi juga dibuat bingung, karena satker dekonsentrasi dan struktur organisasi di dinas pendidikan terkait dengan pengelolaan program Paket C juga harus menyesuaikan.
Adapun dibawah ini saya melampirkan beberapa struktur organisasi dari Kemendiknas sampai ke akar-akarnya, jika mash kurang pas Mohon maaf. dan mohon koreksi :)
Struktur dari Mulai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan


Struktur Ditjen Pendidikan Menengah

Struktur Ditjen PKLK

Struktur Ditjen PAUDNI

Struktur Dit.Bindikmas


0 komentar:

Posting Komentar

Labels

PKBM (282) artikel (196) Apakah (187) MPLIK Ronaa (170) oasis (117) Kursus (108) international (108) diksetaraonline (106) Beasiswa (96) Internet sehat (88) TBM (88) Produk (67) Profil (65) BISNIS (50) instastory (50) Loker (48) Cermin (47) tutorial (47) Download (34) beasiswapendidikan (6)